Rabu, 21 Maret 2012

Modifikasi Karburator untuk Putaran Load Running

Karburator pada Konverter Kit LPG mempunyai saluran gas untuk mensuplai udara dan gas LPG pada saat Putaran Load Running atau Sepeda Motor bergerak dengan beban dari berat motor itu sendiri dan berat pengendara. Mekanisme kerja hampir mirip seperti pada Karburator Bensin dengan sedikit perbedaan.

Perbedaan itu terdapat pada ukuran jarum skep (Jet Needle) yang digunakan. Jarum skep kita ganti dengan ukuran diameter yang lebih besar.

Senin, 19 Maret 2012

Mengukur Tekanan LP Regulator untuk Konverter Kit LPG

Tekanan output Low Pressure Regulator sangat penting untuk Konverter Kit LPG kita. Untuk putaran Idle diperlukan tekanan yang sangat rendah, agar mudah mengatur langsam dan mengurangi gas LPG liar yang keluar yang menyebabkan mesin susah di-start.

Diperlukan tekanan LP Regulator sebesar 8 - 15 cm WC, makin kecil makin bagus. Kalau tekanan terlalu tinggi, putaran Baut Seting Idle jadi terlalu sensitif, 1/16 putaran saja sangat memberi pengaruh pada putaran idle. 

Mengukur tekanan output Low Pressure Regulator jadi penting agar kita tahu pasti berapa tekanan outputnya. Untuk keperluan ini kita perlu alat ukur tekanan yang akan kita buat sendiri secara sederhana tapi cukup memadai.

Sabtu, 17 Maret 2012

Memahami Prinsip Dasar Kerja Karburator LPG (Mixer)

Dalam sebuah KONVERTER KIT cara kerja Karburator gas (LPG atau CNG) tidak semuanya sama, SANGAT tergantung dari JENIS REGULATOR yang digunakan. ATAU sebaliknya. JENIS REGULATOR yang digunakan dalam sebuat KONVERTER KIT tergantung dari JENIS KARBURATOR yang digunakan.

Ada dua jenis Regulator yang dibedakan berdasarkan tekanan output terhadap tekanan udara (atmosfir), yaitu Regulator Bertekanan dan Regulator Zero Governoor.

Jumat, 16 Maret 2012

Mengatur Putaran Idle pada Sepeda Motor LPG

Putaran Idle adalah putaran terendah mesin Sepeda Motor LPG agar tetap hidup, dan sistem pendukung mesin mulai bekerja. Sistem pendukung yang dimaksud adalah pompa oli, lampu utama dan spul pengisian aki. Kita tak boleh men-set putaran idle pada putaran serendah mungkin, karena bisa menyebabkan oli tidak mengalir, lampu utama redup tidak stabil dan pengisian aki tidak bekerja. Biasanya untuk Sepeda Motor  putaran idle-nya sekitar 1400 rpm toleransi 100 rpm. Tapi tidak boleh juga putaran idle-nya terlalu tinggi, menyebabkan bahan bakar boros, mesin panas dan menyentak pada saat mulai masuk gigi dari posisi gigi netral.

Ciri-ciri Putaran Idle mesin Sepeda Motor LPG sudah tepat

Kamis, 15 Maret 2012

Modifikasi Karburator untuk Putaran Idle pada Konverter Kit LPG

Karburator pada Konverter Kit LPG mempunyai saluran gas dan mekanisme tersendiri untuk mensuplai udara dan gas LPG pada saat Putaran Idle, hampir mirip seperti pada Karburator Bensin. Pada modifikasi Karburator untuk putaran idle ini saya memanfaatkan salah satu saluran (udara dan atau bensin) untuk idle yang sudah ada menjadi saluran untuk gas LPG.

Karburator LPG hasil Modifikasi

Rabu, 14 Maret 2012

Peranan Karburator LPG pada Tingkat Kecepatan Putaran Mesin

Pada waktu sepeda motor dihidupkan saat piston dalam silinder melakukan langkah hisap, hisapan ini membuat udara masuk melalui karburator. Udara dengan kecepatan tertentu mengalir melewati Venturi, sehingga mengakibatkan tekanan di Venturi menjadi rendah, akibatnya gas LPG dari Regulator keluar melalui spuyer atau nozle. Gas LPG yang keluar bercampur dengan udara. Campuran gas dan udara ini akan masuk ke dalam ruang bakar di mesin untuk kemudian dibakar.

LPG berwujud gas sehingga mudah bercampur dengan udara, maka tidak perlu mekanisme pengabutan seperti pada bahan bakar bensin. Sebab itu pada dasarnya Karburator untuk gas LPG sebih sederhana dibandingkan Karburator untuk bensin.

Selasa, 13 Maret 2012

Memilih Karburator untuk Konverter Kit LPG Sepeda Motor

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Sabtu, 10 Maret 2012

Modifikasi Karburator untuk Konverter Kit Sepeda Motor LPG

Bagian Utama dari sebuah Konverter Kit LPG terdiri dari Regulator, Keran (atau Vacumm Valve) dan Mixer/Karburator/Injektor. Regulator dan Fuel-LockOff sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, sekarang tinggal membahas bagian terakhir yaitu Mixer atau "Karburator". Tanpa memperdebatkan istilah Mixer dan Karburator, saya akan menyebutnya Karburator saja.

Tujuan Modifikasi Karburator untuk Konverter Kit LPG

Tujuan dari Modifikasi ini adalah mengubah Karburator Bensin agar bisa digunakan sebagai Karburator gas LPG. Dua point penting pada Modifikasi adalah pertama penyediakan saluran masuk untuk udara dan gas LPG pada putaran Idle dan kedua pada putaran Load Running.

Keran atau Katup Gas sebagai Pengaman Konverter Kit LPG

Gas LPG mempunyai sifat hampir sama dengan bensin, sangat mudah menguap dan mudah terbakar. Pada suhu ruangan gas LPG berwujud gas sedangkan bensin bentuknya cair, oleh karena itu tidak boleh ada kebocoran. Pada saat mesin mati atau tidak digunakan tidak boleh ada gas LPG yang keluar.dari sistem Konverter Kit. Oleh  karena itu diperlukan suatu alat yang dapat menutup saluran gas LPG selama mesin tidak digunakan, alat ini disebut Katup gas atau Keran gas.

Keran gas pada kebanyakan sistem Konverter Kit LPG biasa disebut: Fuel-LockOff. Ada tiga jenis keran gas yang biasa digunakan untuk Konverter Kit yaitu Keran Gas manual, Katup Selenoid dan Katup Vakum.