Sepeda motor dengan bahan bakar LPG yang digunakan sehari-hari mutlak harus aman dari kemungkinan terjadinya kebocoran gas LPG. Penggunaan bahan yang berkualitas dan cara pemasangan yang benar akan memberikan keamanan untuk jangka waktu yang cukup lama. Makin banyak peralatan pada konverter kit makin banyak bagian yang memungkinkan terjadinya kebocoran. Kebocoran bisa terjadi saat mesin hidup ataupun mati. Saat mesin mati tidak boleh ada aliran gas pada peralatan konverter kit untuk menghindari kalau ada kebocoran. Untuk itu diperlukan vacumm valve.
Gambar 1. Vacumm Valve |
Vacumm valve dapat menutup aliran gas LPG pada saat mesin mati, baik sengaja mesin dimatikan ataupun mesin mati sendiri. Dan membuka aliran gas LPG saat mesih hidup. Sehingga penggunaan LPG dengan konverter kit lebih aman, terutama jika mesin mati sendiri. Aman untuk penggunaan sehari-hari.
Gambar 2. Konverter kit (buatan sendiri) dengan vacumm valve |
Pemasangan vacumm valve cukup mudah, skemanya bisa dilihat pada gambar 3. Pasang setelah regulator pertama. Bagian naple input masuk ke regulator, naple output masuk ke injektor. Sedangkan naple vakum masuk ke intake manifold pada sepeda motor. Regulator pada gambar di bawah menggunakan low pressure regulato yang sudah dimodif agar debit keluarnya besar dengan tekanan cukup rendah.
Gambar 3. Skema dasar pemasangan vacumm valve |
Gambar 4. Skema lengkap konverter kit sepeda motor LPG |
Gambar video di bawah ini menunjukkan bagaimana pemasangan vacumm valve. Ouput gas LPG diatur oleh sebuah micro valve kemudian gas langsung masuk ke mulut karburator. Mesin hidup dalam keadaan langsam (idle).