Sabtu, 13 Oktober 2012

Bajaj Pulsar dengan Bahan Bakar LPG (bagian 2)

Skema Instalasi Konverter Kit LPG pada Bajaj Pulsar

Pada gambar 1 bisa dilihat skema instalasi konverter kit LPG pada Bajaj Pulsar 180. Skema ini hampir sama untuk semua sepeda motor pada umumnya, baik untuk sepeda motor yang menggunakan karburator jenis skep atau vakum. Perbedaan hanya ada pada sepeda motor yang menggunakan keran vakum pada saluran bensinnya.

Gambar 1. Skema instalasi konverter kit LPG pada Pulsar


Perhatikan skema di atas, ada sedikit modifikasi yang harus dilakukan pada karburator dan kabel gas. Pada karburator perlu dipasang dua naple. Satu naple dipasang sebelum karburator untuk masuknya gas LPG, tepatnya sebelum butterfly valve pada karburator jenis vakum atau sebelum skep pada karburator jenis skep. Dan satu naple lainnya (naple vakum) dipasang setelah karburator untuk vakum yang diperlukan untuk mengaktifkan vacumm valve, tepatnya dipasang pada intake manifold.

Kabel gas harus displit agar bisa bekerja pada karburator bensin dan juga pada injektor gas.

Gambar 2. Karburator, intake manifold dan kabel gas Pulsar
yang akan sedikit dimodifikasi

Pada gambar 2 di atas terlihat karburator, intake manifold dan kabel gas yang akan kita modifikasi untuk instalasi konverter kig LPG.

Gambar 3. Kabel gas yang akan displit dan splitternya

Cara pemilihan bahan bakar yang akan digunakan, Bensin atau LPG

Dari pengalaman, saya lebih banyak menggunakan LPG dari pada bensin atau Pertamax. Karena LPG harganya lebih murah untuk setiap kilometernya. Apalagi jika dibandingkan dengan Pertamax. Tapi yang sulit saat menggunakan LPG adalah memperkirakan kapan akan habis. Ketika LPG habis, saat inilah kegunaan bensin. Kita switch ke bensin sampai menemukan penjual LPG. Jadi bensin hanya digunakan sebentar saja, ketika sudah mendapatkan LPG saya kembali lagi menggunakan LPG.

Untuk penggunaan bahan bakar LPG caranya mudah. Tutup keran bensin (gambar 4). Jika pada karburator masih tersisa bensin (pada penampung di karburator) hidupkan mesin atau gunakan sepeda motor sampai bensinnya habis, setelah habis buka tombol regulator kemudian hidupkan mesin dan sepeda motor siap digunakan lagi dengan bahan bakar LPG.

Gambar 4. Keran bensin pada Bajaj Pulsar

Jika akan menggunakan bahan bakar bensin maka putar regulator sampai tertutup atau dibuka saja regulatornya, kecuali gas LPG-nya sudah habis. Kemudian buka keran bensin dan hidupkan mesin. Sepeda motor siap digunakan dengan bahan bakar bensin.

Pada sepeda motor yang menggunakan vakum untuk keran bensinnya (gambar 5), sebaiknya gunakan selenoid valve (gambar 6) untuk memfungsikan keran vakum bensinnya. Tapi keran gas biasa yang manual juga bisa digunakan.

Gambar 5. Keran vakum bensin

Gambar 6. Selenoid Valve (Vacumm Actuator)