Panduan Cara Membuat Sendiri KONVERTER KIT gas LPG untuk SEPEDA MOTOR dan GENSET. Solusi Hemat Mengganti BBM Bensin dengan BBG Elpiji menggunakan LPG CONVERTER KIT buatan sendiri.
Senin, 20 Februari 2012
Membuat Sendiri Konverter Kit LPG untuk Sepeda Motor
Kita akan membuat sendiri Konverter Kit dari bensin ke gas LPG untuk Sepeda Motor ini menggunakan bahan-bahan yang ada dipasaran, maksudnya kita tidak membuat sendiri bahan itu dari nol, kita hanya melakukan perubahan dan penyesuaian seperlunya (modifikasi).
Gambar 1. Sepeda Motor dengan Konverter Kit LPG
Menyiapkan Bahan untuk Membuat Konverter Kit Sepeda Motor LPG
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat konverter kit ini adalah:
Tabung Gas LPG, kita gunakan tabung gas LPG untuk rumah tangga yaitu ukuran 3 kg, cukup praktis, aman, mudah untuk dibawa di motor kita dan mudah ditemukan dimana saja, di warung kecilpun biasanya dijual. Sekarang sepertinya lebih mudah dan lebih dekat untuk mendapatkan gas LPG 3 Kg dari pada Pom Bensin.
Gambar 2. Tabung gas LPG 3 Kg, 1,5 Kg dan 1 Kg.
Regulator LPG, kita memerlukan dua buah regulator, yaitu High Pressure (HP) Regulator dan Low Pressure (LP) Regulator. High Pressure Regulator (gambar 3) biasanya digunakan untuk kompor yang memerlukan kalor cukup besar, biasa digunakan oleh pedagang makanan, sedangkan yang Low Pressure Regulator (gambar 4) biasa digunakan di kompor-kompor rumah tangga. Sebaiknya sediakan High Pressure Regulator yang memiliki alat ukur tekanan tabung gas, sedangkan yang Low Pressure Regulator tidak perlu.
Gambar 3. High Pressure Regulator LPG
Gambar 4. Low Pressure Regulator LPG
Selang, ukuran yang diperlukan adalah 3/8" dan 1/4" masing-masing 1 meter. Gunakan selang yang kualitasnya bagus agar aman.
Gambar 5. Selang 3/8" dan 1/4"
Klem selang 10 buah ukuran 5/8" dan 2 buah naple cabang tiga.
Gambar 6. Klem selang dan naple cabang tiga
Kran gas, ukuran 1/4" satu buah
Gambar 7. Kran gas
Karburator bekas, sebaiknya gunakan karburator yang sesuai dengan motor kita, agar mudah dalam pemasangannya. Karburator bekas yang kita perlukan sebenarnnya tidak keseluruhannya, hanya beberapa bagian saja dari karburator itu yang akan kita gunakan, yaitu bagian venturi atau bagian atas dari karburator, skep dan spuyer, sisanya atau bagian bawah tidak kita gunakan.
Gambar 8. Karburator bekas
Di bawah ini adalah contoh dari sepeda motor yang menggunakan Konverter Kit LPG hasil modifikasi.
PERHATIAN!
Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya ditujukan untuk percobaan saja. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Segala resiko menjadi tanggung jawab masing-masing.