Rabu, 22 Februari 2012

Perlengkapan dan Skema Konverter Kit LPG

Agar Sepeda Motor berbahan bakar bensin bisa menggunakan gas LPG maka diperlukan Konverter Kit LPG. Sebuah Konverter Kit LPG terdiri dari: Tabung LPG, Regulator, Katup gas dan Karburator LPG. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang perlengkapan dan skema sebuat konverter kit LPG.
  1. Tabung LPG - digunakan sebagai tempat menyimpan gas LPG dalam bentuk cair dan bertekanan. Tekanan gas dalam tabung ini adalah sekitar 4 - 8 Kg/cm2, cukup rendah jika dibandingkan dengan CNG yang dapat mencapai 200 - 300 Kg/cm2. Nama lain dari tabung LPG adalah tangki LPG.
  2. Regulator - menurunkan atau mengurangi tekanan gas LPG yang keluar dari tabung sampai dengan 0.05 Kg/cm2. Nama lain dari regulator yang berhubungan dengan Konverter Kit adalah Heat Exchanger,Vaporizer atau Reducer. Mengapa tekanan gas LPG harus diturunkan? Gas LPG yang masuk ke mesin dihisap oleh mekanisme pada Karburator LPG karena itu tekanannya harus rendah, diatas sedikit dari tekanan atmosfir. Sistem ini dimaksudkan agar aliran gas LPG berhenti pada saat mesin mati atau tidak membutuhkan gas. Posting tentang Regulator bisa dilihat di sini: Regulator LPG untuk Konverter kit
  3. Katup Gas - digunakan untuk membuka saluran gas dari tabung ketika akan digunakan dan menutup saluran gas dari tabung ketika motor tidak digunakan. Nama lain dari alat ini adalah Fuel valve. Alat ini bisa berupa Selenoid Valve yang dioperasikan oleh listrik, Vacuum Valve yang diaktifkan oleh vakum dari mesin, atau hanya berupa keran gas biasa yang dioperasikan secara manual. Posting tentang vacumm valve bisa dilihat di sini : Vacumm valve, aman dan mudah
  4. Bagian Karburator (Mixer) - Udara dan gas LPG dicampur dibagian ini, dengan perbandingan tertentu yang sesuai. Bagian utama dari karburator ini adalah: skep dengan jarum skep, dan spuyer atau nozle. Pada dasarnya sebuah karburator untuk gas adalah lebih sederhana dari karburator untuk bensin. Mengapa demikian? Jawabannya karena LPG sudah dalam bentuk gas, sedangkan fungsi karburator bensin adalah memaksa bensin yang dalam bentuk cair menjadi gas atau kabut bensin.
Gambar Skema dari Konverter Kit LPG untuk Sepeda Motor ini sebagai berikut:

Gambar 1. Skema Dasar Konverter Kit Sepeda Motor LPG

Gambar 2. Konverter Kit LPG terpasang pada Sepeda Motor

Dari High Pressure Regulator dihubungkan ke keran gas kemudian ke naple cabang dua, satu menuju Low Pressure Regulator yang kemudian menuju jet idle karburator dan kedua menuju main jet.

Gambar 3. Skema konverter kit jika menggunakan Vacumm Valve






PERHATIAN!
Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya ditujukan untuk percobaan saja. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Segala resiko menjadi tanggung jawab masing-masing.