Karburator bisa dibedakan berdasarkan tipe Venturi
- Venturi Tetap, pada tipe ini ukuran venturi selalu tetap. Grip/Pedal gas mengatur katup udara yang menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi sehigga menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.
- Venturi bergerak, pada tipe ini grip/pedal gas mengatur besarnya venturi dengan menggunakan piston (skep) yang dapat naik-turun sehingga membentuk celah venturi yang dapat berubah-ubah. Naik-turunnya piston (skep) venturi ini disertai dengan naik-turunnya needle jet (jarum skep) yang mengatur besarnya bahan bakar yang dapat tertarik serta dengan aliran udara. Tipe ini disebut juga "tekanan tetap" karena tekanan udara sebelum memasuki venturi selalu sama.
Karburator tipe Venturi tetap juga bisa digunakan untuk Konverter Kit, tapi memerlukan jenis Regulator khusus yang disebut Regulator Zero Governor. Regulator ini bekerja menghasilkan tekanan dibawah sedikit dari tekanan atmorfir. Sedangkan Regulator yang kita gunakan adalah Regulator LPG yang bekerja menghasilkan tekanan sedikit diatas tekanan atmosfir
Gambar 1. Karburator tipe Venturi Bergerak |
Gambar 2. Skep pada Karburator |
PERHATIAN!
Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya ditujukan untuk percobaan saja. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Segala resiko menjadi tanggung jawab masing-masing.