Selasa, 13 Maret 2012

Memilih Karburator untuk Konverter Kit LPG Sepeda Motor

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.


Karburator bisa dibedakan berdasarkan tipe Venturi
  1. Venturi Tetap, pada tipe ini ukuran venturi selalu tetap. Grip/Pedal gas mengatur katup udara yang menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi sehigga menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.
  2. Venturi bergerak, pada tipe ini grip/pedal gas mengatur besarnya venturi dengan menggunakan piston (skep)  yang dapat naik-turun sehingga membentuk celah venturi yang dapat berubah-ubah. Naik-turunnya piston (skep) venturi ini disertai dengan naik-turunnya needle jet (jarum skep) yang mengatur besarnya bahan bakar yang dapat tertarik serta dengan aliran udara. Tipe ini disebut juga "tekanan tetap" karena tekanan udara sebelum memasuki venturi selalu sama.
Karburator dengan tipe Venturi bergerak inilah (Karburator yang memiliki skep) yang akan kita modifikasi untuk digunakan sebagai Konverter Kit LPG. Mengapa memilih Karburator tipe Venturi bergerak? Karena disesuaikan dengan jenis Regulator yang kita gunakan, yaitu Regulator LPG untuk kompor rumah tangga.

Karburator tipe Venturi tetap juga bisa digunakan untuk Konverter Kit, tapi memerlukan jenis Regulator khusus yang disebut Regulator Zero Governor. Regulator ini bekerja menghasilkan tekanan dibawah sedikit dari tekanan atmorfir. Sedangkan Regulator yang kita gunakan adalah Regulator LPG yang bekerja menghasilkan tekanan sedikit diatas tekanan atmosfir

Gambar 1. Karburator tipe Venturi Bergerak

Gambar 2. Skep pada Karburator

PERHATIAN!
Pembuatan KONVERTER KIT LPG ini hanya ditujukan untuk percobaan saja. Saya tidak menyarankan penggunaan Sepeda Motor hasil Konversi ini untuk penggunaan sehari-hari. Segala resiko menjadi tanggung  jawab masing-masing.