Senin, 19 Maret 2012

Mengukur Tekanan LP Regulator untuk Konverter Kit LPG

Tekanan output Low Pressure Regulator sangat penting untuk Konverter Kit LPG kita. Untuk putaran Idle diperlukan tekanan yang sangat rendah, agar mudah mengatur langsam dan mengurangi gas LPG liar yang keluar yang menyebabkan mesin susah di-start.

Diperlukan tekanan LP Regulator sebesar 8 - 15 cm WC, makin kecil makin bagus. Kalau tekanan terlalu tinggi, putaran Baut Seting Idle jadi terlalu sensitif, 1/16 putaran saja sangat memberi pengaruh pada putaran idle. 

Mengukur tekanan output Low Pressure Regulator jadi penting agar kita tahu pasti berapa tekanan outputnya. Untuk keperluan ini kita perlu alat ukur tekanan yang akan kita buat sendiri secara sederhana tapi cukup memadai.


Alat ukur ini disebut Manometer Air sederhana. Untuk membuat manometer air sederhana cukup sediakan selang bening ukuran 1/4" sepanjang 2 - 3 meter, papan atau multiplex 6 mm dengan ukuran 15 X 100 cm dan cable ties ukuran 10 cm. Selang dibentuk seperti huruf U dan ikat di papan seperti gambar 1 dibawah ini. Kemudian isi dengan air yang dicampur sedikit saja dengan air fanta atau pewarna makanan, agar mudah dalam membaca datanya.

Manometer Air Sederhana

Cara menggunakannya cukup tekanan yang akan diukur masukkan pada salah satu ujung selang manometer dan ujung lainnya biarkan terbuka. kemudian ukur berapa besar penyimpangannya dengan penggaris, bisa dengan satuan cm atau inci. Ukuran yang didapat itulah ukuran tekanannya. Misalkan kita dapatkan besar penyimpangannya 10 cm, maka tekanan yang diukur adalah 10 cm Water Column (WC). Untuk mengkonversikan ke satuan yang lain bisa gunakan aplikasi konversi satuan, misalnya http://www.convertworld.com/id/tekanan/.



Selamat mencoba