Rabu, 21 Maret 2012

Modifikasi Karburator untuk Putaran Load Running

Karburator pada Konverter Kit LPG mempunyai saluran gas untuk mensuplai udara dan gas LPG pada saat Putaran Load Running atau Sepeda Motor bergerak dengan beban dari berat motor itu sendiri dan berat pengendara. Mekanisme kerja hampir mirip seperti pada Karburator Bensin dengan sedikit perbedaan.

Perbedaan itu terdapat pada ukuran jarum skep (Jet Needle) yang digunakan. Jarum skep kita ganti dengan ukuran diameter yang lebih besar.


Pada modifikasi Karburator Venturi untuk putaran load running ini kita masih menggunakan Piston atau Skep, Needle Jet dari bawaan karburatornya, sedangkan Main Jet dan Pilot Jet tidak digunakan lagi (disimpan saja). Lihat gambar 1

Gambar 1, Bagian-bagian dari Karburator Venturi

Gambar 2, Perbedaan Jarum Skep pada Karburator Bensin dan Karburator LPG

Gambar 3, Jarum Skep Supra Fit (atas) dan Jarum Skep Pengganti (bawah)

Perbedaan Jarum Skep (Jet Needle) pada Karburator Bensin dan Karburator LPG

Karburator Bensin atau Venturi
Jarum Skep (Jet Needle) pada Karburator Bensin mempunyai ukuran yang LEBIH KECIL dari diameter-dalam  Needle Jet. Ketika posisi Idle, skep atau piston berada pada posisi terbawahnya MASIH ADA celah antara Jarum Skep dan Needle Jet. Lihat gambar 2

Karburator LPG
Jarum Skep (Jet Needle) pada Karburator Bensin mempunyai ukuran yang LEBIH BESAR dari diameter-dalam  Needle Jet. Ketika posisi Idle, skep atau piston berada pada posisi terbawahnya TIDAK ADA celah antara Jarum Skep dan Needle Jet. Lihat gambar 2

Modifikasi Karburator Venturi menjadi Karburator LPG untuk Putaran Load Running

Saya menggunakan Karburator Honda Supra Fit, karena karburator ini mempunyai flens yang sama dengan Honda Revo. Modifikasi Karburator Venturi ini dilakukan dengan:

  1. Mengganti Jarum Skep dengan yang lebih besar 
  2. Menyesuaikan lubang pada Skep agar Jarum Skep bisa masuk. 
  3. Menutup lubang udara pada main jet (gambar 7)
  4. Menyambung main jet dengan naple selang (gambar 8)
Catatan Penting:
  1. Lakukan modifikasi karburator untuk putaran idle dan pengaturan putaran idle dulu sebelum modifikasi karburator untuk putaran load running ini.
  2. Pada saat putaran Idle atau mesin mati, posisi jarum skep dengan Needle jet harus dalam keadaan tertutup sempurna (gambar 2). Jika kurang rapat atau masih ada gas keluar, mesin susah hidup dan putaran idle tidak normal.
Skep (Piston)

Perbesar lubang Jarum Skep pada Skep dengan menggunakan mata bor ukuran 2,5 mm sesuai dengan ukuran diameter Jarum Skep pengganti (RX King). Lihat gambar 5.

Jarum Skep (Jet Needle)
  1. Diameter jarum skep orisinil Supra Fit adalah 2 mm, cari dan ganti dengan jarum skep ukuran diameter 2,5 mm. Saya menggunakan jarum skep bekas RX King. Lihat gambar 4.
  2. Jarum skep RX King ini memiliki diameter 2,5 tapi terlalu panjang, jadi harus dipotong. Memotong jarum skep ini harus hati-hati ada hal yang harus diperhatikan sebelum memotongnya. Perhatikan gambar 6. 
  3. Buat dua celah klip, seperti gambar 6. Celah klip kedua 1 mm di atas celah klip pertama.
  4. Antara jarum skep dan needle jet dalam keadaan tertutup sempurna atau tidak ada celah. Skep berada diposisi idle (terbawah). Lihat gambar 6.
  5. Kalau perlu lakukan reamer pada Needle Jet, lihat di Me-reamer Needle Jet agar Tidak Bocor
  6. SELESAI, lihat gambar 3.

Gambar 4, Jarum skep Supra Fit (atas) dan RX King (bawah)

Gambar 5, Memperbesar lubang  pada skep

Gambar 6, Memotong Jarum Skep

Gambar 7, Menutup lubang udara main jet dengan lem

Gambar 8, Naple main jet

Gambar 9, Modif Main Jet

Baca Artikel yang berhubungan:
  1. Mengatur Putaran Load Running pada Sepeda Motor LPG
  2. Modifikasi Karburator untuk Putaran Idle pada Konverter Kit LPG
  3. Mengatur Putaran Idle pada Sepeda Motor LPG
  4. Me-reamer Needle Jet agar Tidak Bocor
  5. Peranan Karburator LPG pada Tingkat Kecepatan Putaran Mesin
  6. Modifikasi Karburator untuk Konverter Kit Sepeda Motor LPG
  7. Kinerja Sepeda Motor Menggunakan Konverter Kit LPG